Info Lowongan KerjaTersedia 8000 Info Lowongan, Masa Depan Ada di Tangan Anda

Selasa, 30 November 2010

URGENTLY REQUIRED

URGENTLY REQUIRED
 Application Specialist Code : ApSpec
Responsibilities: Vacancy
  • Develop and manage ETL Process in BI (Business Intelligence) Data warehouse
  • Handle & fix problem and system maintenance
  • Design, develop and deploy BI Solution – fulfill and user request
  • Support Ad-Hoc request

Technical Requirements : employee
  • Oracle database & Oracle PL/SQL Programming
  • Data warehousing including reporting
  • PHP Programming, Apache Web Server
  • System management (IT related)

General Requirement :
  • Minimum S1 from IT or Computer related
  • Male / Female
  • Age around 25- 35 years
  • At least having good knowledge / experiences 2 year in same position.
  • Having proficiencies in Telco and IT application Web Programming
  • Having good communication & interpersonal skill.
  • Good written and spoken English


Please submit your detailed resume stating the complete applied position and the job code with current photograph  to:

recruitment@sampoernatelekom.com

Klik Job Vacancy Indonesia

Senin, 29 November 2010

Tips wawancara yang berhasil

Ketika Anda mempekerjakan seorang karyawan untuk usaha kecil Anda, penting untuk menggunakan proses wawancara untuk mengidentifikasi calon yang paling memenuhi syarat bagi perusahaan Anda. Wawancara yang berhasil sama seperti banyak ketrampilan “komunikasi” lain – ini merupakan masalah mengajukan pertanyaan yang benar, mendengarkan jawaban, dan mendapatkan calon untuk berbicara secara jujur tentang kemampuan dan sikapnya.
Loker
Berita baiknya adalah bahwa calon akan cenderung terbuka tentang dirinya sendiri, sehingga tantangannya adalah Anda mengajukan pertanyaan yang memandu mereka ke informasi yang Anda butuhkan untuk mengambil keputusan mAtur kecepatan wawancara Anda

Gunakan beberapa pertanyaan pertama untuk menenangkan calon dan mengatur nada untuk sisa waktu wawancara. Pertanyaan yang berkaitan dengan pengalaman kerja – misalnya “Ceritakan pada saya hari-hari Anda di pekerjaan Anda saat ini. Apa yang Anda senangi? Apa yang tidak Anda senangi? - dapat membuat calon terbuka dan mulai berbicara ... yang merupakan inti dari wawancara.

Lebih banyak mendengarkan daripada berbicara
Apabila Anda menghabiskan waktu lebih dari 20 persen untuk berbicara selama wawancara, maka Anda tidak memberi kesempatan kepada calon untuk mengungkapkan siapa dirinya. Tujuan dari sebuah wawancara adalah untuk membantu Anda mengambil keputusan berdasarkan cara orang merespons terhadap pertanyaan Anda. Anda perlu mengambil waktu lebih banyak untuk mendengarkan.

Aturlah jadwal

Tulis jadwal wawancara di kalender, dan perlakukan selayaknya janji bisnis lainnya. Pastikan Anda mencurahkan perhatian ke calon – bersihkan meja, atur telepon agar tidak berdering untuk sementara, tutup pintu ruangan, biarkan orang-orang tahu bahwa Anda tidak mau diganggu.

Ajukan pertanyaan terbuka

Hindari pertanyaan yang dapat dijawab dengan ‘ya’ atau ‘tidak’ saja. Gunakan pertanyaan terbuka untuk mendorong agar calon berbicara tentang dirinya. Dengarkan jawaban, dan ajukan pertanyaan tindak-lanjut, seperti “Mengapa Anda berpikir demikian?” atau “Bagaimana Anda melakukannya?” Apabila Anda memerlukan informasi tambahan, mintalah agar calon memberikannya.

Ajukan pertanyaan sebelum Anda menjelaskan pekerjaan

Hindari memberikan deskripsi kerja yang terinci di awal wawancara. Seorang yang cerdas akan mengambil uraian Anda, dan mulai mengulang semua jawaban yang menurut dia Anda inginkan. Dengan mengajukan banyak pertanyaan sebelum Anda membicarakan pekerjaan, Anda akan mendapatkan lebih banyak jawaban jujur.

Hindari pertanyaan standar

Setiap orang mengetahui pertanyaan wawancara standar – Dalam lima tahun ke depan, apa tujuan Anda? Bagaimana kekuatan dan kelemahan Anda? Ceritakan tentang diri Anda? Masalah dengan pertanyaan ini adalah bahwa banyak calon yang menghabiskan waktu untuk menyiapkan jawabannya. Ini tidak akan banyak membantu Anda. Sebaliknya, cobalah dengan pertanyaan menantang yang memaksa calon berpikir langsung dan memberi jawaban jujur tentang kekuatan dan kelemahannya. Sebagai contoh, pertanyaan berbasis skenario, di mana Anda meminta calon bereaksi terhadap situasi khas di pekerjaan, akan memberi gambaran yang lebih baik.

Pertimbangkan proses dua kali wawancara

Gunakan wawancara pertama untuk menjaring dua tiga calon terbaik. Kemudian gunakan wawancara tahap kedua untuk memilih yang terbaik. Wawancara kedua mungkin dilakukan oleh orang yang akan berinteraksi lebih dekat dengan calon. Masukan mereka biasanya penting.

Kenali apa yang tidak bisa Anda tanyakan

Aturannya sangat kaku untuk masalah pertanyaan yang tidak bisa diajukan selama wawancara pekerjaan. Secara umum pertanyaan terlarang merupakan pertanyaan di mana jawabannya dapat digunakan untuk mendiskriminasi calon-calon yang potensial. Pertanyaan ini biasanya tidak berkaitan dengan pekerjaan, misalnya usia, ras, status pernikahan, atau kecacatan.empekerjakannya. Gunakan tips di bawah ini untuk mengasah bakat wawancara Anda.

Temukan semuanya di Kerja Lowongan 
 
Bookmark and Share

Menemukan “titik orgasme” dalam pekerjaan

Ketidakpuasan sering muncul dalam lingkungan kerja. Saya menemukan itu seringkali berhubungan dengan aktualisasi diri dibandingkan dengan kurangnya kompensasi dari perusahaan. Memang harus diakui gaji, tunjangan dan fasilitas memegang peranan penting dalam kepuasan kerja. Tetapi tunggu dulu, lihat pekerjaan-pekerjaan lain yang memunculkan kepuasan pada diri pekerja, melukis, fotografi, menulis, designer, dll.
Selain kompensasi (Gaji, Tunjangan, dll) perlu dipahami cara mencapai kepuasan atau “titik orgasme” dalam pekerjaan.
Apa sih yang mendatangkan kepuasan bagi saya? Apa yang merupakan rangsangan bagi diri saya ketika bekerja? Apa respon saya terhadap rangsangan itu? Apakah saya puas atau mencapai titik orgasme ketika menyelesaikan tugas itu?
Sungguh indah menemukan kepuasan dalam bekerja yang tidak semata berlandaskan pada materi. Kenapa? Alasannya jelas, materi bagi manusia tidak akan pernah cukup. Kecenderungan manusia untuk melihat sekeliling yang lebih hebat, lebih kaya, lebih sukses dan lebih segalanya akan memunculkan suatu perasaan “kurang”. Hal ini sangat manusiawi, namun bahayanya, hal ini mampu memunculkan sikap tidak puas dan tekanan besar dalam diri manusia untuk selalu mencari kalau-kalau ada kesempatan menambah penghasilan, akibatnya dalam bekerja tidak akan ditemukan adanya suatu kepuasan atau titik orgasme tadi.
Berikut Tips menemukan “Titik Orgasme” dalam pekerjaan :
  1. Pakai passion dalam mengerjakan tugas apapun. Tidak memandang kecil besar, sulit atau mudah, pakailah passion atau gairah dalam menyelesaikan pekerjaan. Anggap pekerjaan sebagai rangsangan atau kesempatan meraih sesuatu kepuasan.
  2. Pakai prinsip prioritas, mengerjakan 20% hal-hal terutama akan memberi dampak 80% terhadap performance, jangan mengerjakan 80% hal-hal yang kurang prioritas yang hanya memberi dampak 20% dari performance.
  3. Berkomunikasi lancar dengan atasan, bawahan dan rekan kerja, tunjukkan passion anda dalam mengerjakan sesuatu.
  4. Catatlah atau ingat-ingat hal apa yang memberi anda kepuasan (di luar materi) kemudian ingat kapan anda pernah mendapatkan, dan jika bisa cari cara bagaimana mendapatkan hal-hal tersebut.
  5. Jika pada akhirnya anda akan keluar atau pindah dari tempat kerja, pastikan passion anda akan berlipat-lipat di tempat yang baru nanti.
Temukan semuanya di Kerja Lowongan 
 
Bookmark and Share

persiapan menghadapi mencari kerja

Mencari pekerjaan adalah sesuatu yang lazim dilakukan oleh semua orang. Kegiatan ini memang gampang-gampang sulit. Ketika gampang, si pencari kerja akan dengan mudah melalui tahapan dalam proses perekrutan karyawan. Tetapi ketika sulit, si pencari kerja harus bolak-balik mengikuti tes pada beberapa perusahaan. Proses ini berlaku tidak hanya pada lulusan SMA, akan tetapi juga pada lulusan S1 maupun S2. Biasanya, pencari kerja yang baru lulus dari pendidikan akan merasa percaya diri bahwa dia akan segera mendapatkan pekerjaan. Akan tetapi bila lebih dari 1 tahun belum mendapatkan pekerjaan, biasanya si pencari kerja akan mulai dihinggapi rasa putus asa. Loker
Biasanya, pencari kerja yang baru lulus dari pendidikan akan merasa percaya diri bahwa dia akan segera mendapatkan pekerjaan. Dia ingin  bekerja sesuai dengan bidang pendidikan yang dia ambil ketika di sekolah ataupun di bangku kuliah disertai dengan keinginan untuk memperoleh gaji yang tinggi dan tunjangan yang memadai. Hal ini berkebalikan dengan kondisi yang ada sekarang. Untuk mencari pekerjaan saja sangat sulit, apalagi disertai dengan idealisme yang tinggi untuk bekerja hanya pada bidang yang sesuai dengan kemampuannya.
Dalam mencari pekerjaan, yang pertama harus kita lakukan adalah melihat kemampuan dalam diri kita sendiri. Janganlah kita memasukkan lamaran yang tidak sesuai dengan kemampuan kita karena itu hanya akan membuat kita melakukan pemborosan. Perusahaan yang membutuhkan karyawan biasanya hanya mencari karyawan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jadilah carilah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kita atau lebih diatas sedikit.
Setelah lamaran dikirimkan, si pencari kerja harus segera melakukan persiapan. Hal ini diperlukan apabila sewaktu-waktu perusahaan akan melakukan tes wawancara melalui telepon. Sebaiknya si pencari kerja mengetahui tentang perusahaan yang dilamar dan juga segala sesuatu tentang posisi jabatan yang dilamar. Hal ini bisa dilakukan dengan browsing di internet atau bertanya kepada seseorang yang dianggap mengerti.
Siapkan berkas lamaran seperti surat lamaran, Curriculum vitae, Foto, ijazah dan berkas-berkas yang lain. CV harus dibuat harus dibuat dengan tampilan yang sederhana, segar, menarik, lengkap dan jujur sesuai dengan kondisi yang ada sekarang. Pengiriman surat lamaran bisa melalui pos ataupun melalui internet.
Ketika mendapat panggilan untuk melakukan tes wawancara, tunjukkanlah bahwa kita mau dan mampu untuk melaksanakan pekerjaan yang akan diberikan. Kepercayaan diri sangat penting dalam proses wawancara. Selain itu attitude juga harus diperhatikan seperti sopan santun, cara bergaul, kemampuan beradaptasi, sifat diri, jujur dan penurut. Tidak selalu perusahaan mencari karyawan yang nilai akademisnya tinggi.
Ketika ditanya berapa gaji yang diminta, tetapkanlah permintaan gaji tersebut sesuai dengan kondisi kita. Bila kita memang sudah berpegalaman, maka kita bisa “menjual” diri kita dengan harga yang tinggi. Akan tetapi jika kita masih fresh graduate, maka tetapkanlah gaji tersebut sesuai dengan standar perusahaan dan konsentrasilah untuk mencari pengalaman. Tentu saja gaji tersebut harus dapat digunakan untuk biaya hidup sehari-hari dan sedikit tabungan.
Ketika telah diterima dan mulai bekerja, tunjukkan bahwa perusahaan tidak salah memilih kita. Tunjukkan bahwa kita mau dan mampu bekerja keras untuk menyelesaikan pekerjaan, mempunyai kemampuan beradaptasi, dapat bekerja dalam tim. Hindari sifat merasa lebih tahu atau lebih pintar dan jadilah seorang yang rendah hati.

Temukan semuanya di Kerja Lowongan 
 
Bookmark and Share

kiat-kiat mencari kerja biar sukses

Setelah lulus sekolah atau kuliah, salah satu mimpi kita adalah dapat bekerja pada suatu perusahaan. Memang, mendapatkan penghasilan tidak harus selalu dengan bekerja pada suatu perusahaan, bisa saja dengan membuka usaha sendiri (entepreneur), atau hidup dengan warisan dan deposito (memindahkan tabungan dari deposito satu ke deposito lainnya, dan mendapatkan bulanan dari bunga).
Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Banyak orang yang ingin menjadi pegawai karena biasanya pegawai itu berdandan necis, dan mendapatkan penghasilan tetap. Nah, pada tulisan kali ini, tidak akan dibahas tentang hal tersebut, namun terkait dengan tips bagaimana kita mendapatkan pekerjaan bedasarkan pengalaman penulis. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan apabila ingin lulus ketika mencari pekerjaan:
Loker *
1. Dapatkan nilai yang baik ketika kuliah.
Pada masa ini, tidak dapat dipungkiri, nilai IPK sangat menentukan dalam mencari pekerjaan, apalagi untuk kerja yang pertama kali. Raihlah IPK minimal 3,00 untuk kampus negri, dan 3,25 untuk kampus swasta.
2. Mulai mendaftar website job seeker, seperti jobsDB, dan jobstreet.
Tentunya aktif pula melihat-lihat website yang memberi informasi tentang lowongan pekerjaan (seperti cdc.ui.ac.id, pcd.itb.ac.id, lowonganbumn, dsb dsb)
3. Pilihlah jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan latar belakang pendidikan.
Apabila anda memiliki latar belakang pendidikan anda ekonomi, janganlah mendaftar lowongan engineer pertambangan, atau kalau anda lulusan MIPA, tidak akan keterima untuk posisi legal officer. Namun banyak pula lowongan pekerjaan yang tidak mensyaratkan jurusan, dan dibuka untuk semua jurusan.
4. Mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam tes
  • Persiapan berkas-berkas: Siapkanlah berkas-berkas yang diperlukan dalam satu tempat khusus. Berkas tersebut antara lain CV, fotokopi ijasah, transkrip akademik, ktp, dan foto. Untuk PNS biasanya mensyaratkan berkas tambahan yaitu fotokopi kartu kuning, dan surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian. Beberapa berkas lain yaitu fotokopi surat keterangan sehat & tidak buta warna, copy pasport, dll.
  • Persiapan alat tulis : Pulpen, pensil, penghapus, kalkultor
  • Persiapan pakaian : Pakaian formal kerja, kemeja lengan panjang, celana bahan, bila perlu persiapan Jas, serta sepatu kerja. Begitu pula untuk yang wanita.
  • Persiapan bahan ujian.Biasanya ada beberapa tes, wawancara, bahasa Inggris (TOEFL), psikotes, logika, forum group discussion, dll.
5. Belajar serious Jangan meremehkan tentang belajar.
Ada ungkapan “Bisa karena biasa”. Tes kerja ini seperti mengikuti SPMB/SMPTN, semakin sering belajar dan mengikuti tes kerja, maka nantinya akan terbiasa. Tes tertulis biasanya tes TOEFL dan tes aptitude (psikotes). Belilah buku-buku tentang toefl dan tes ini. Banyak tersedia di pasaran. Beli beberapa buku yang berbeda, agar bisa memperkaya pengetahuan tentang tes tertulis ini. Perbanyak latihan soal.
Selanjutnya adalah tes interview (wawancara). Detail dari poin-poin tentang interview, akan dibahas lebih lanjut pada tulisan berikutnya. Terakhir, perbanyak pengetahuan tentang posisi yang dipilih dan tentang profil perusahaan yang ingin kita lamar. Dengan mengetahui hal tersebut akan menambah nilai plus bagi kita.
6. Berdoa Ada pepatah “Just do the best, and God will do the rest”.
Ya, tentunya berusaha semaksimal mungkin kemudian dilengkapi dengan berdoa adalah kunci kesuksesan. Bagi anda yang muslim, cobalah untuk memperbanyak ibadah sunah, seperti shalat duha, tahajjud, dan yang cukup penting adalah zakat/infaq. Mudah-mudahan akan diberi kemudahan oleh Allah Swt.

Temukan semuanya di Kerja Lowongan 
 
Bookmark and Share

tips cari kerja

Berikut saya sharing kepada Anda beberapa tips-tips cari kerja on the net atau trik mencari pekerjaan di internet. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa perkembangan dunia digital memang bisa mempermudah segalanya, termasuk untuk mencari lowongan pekerjaan. Tapi masalahnya adalah kesulitan saat proses mencari pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan serta karier terdahulu kita.
Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam berseluncur di internet (dunia maya) untuk mencari pekerjaan. Tidak heran setelah itu muncul rasa lelah dan jenuh serta berujung putus asa. Nah agar hal-hal tersebut tidak terjadi, cobalah beberapa tips dan trik berikut supaya proses mencari pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien :
       Loker *
  • Tentukan target - Ketahui karier apa yang paling Anda inginkan. Hal ini sangat penting bagi Anda untuk membuat target pencarian lowongan kerja yang diinginkan. Buatlah target perhari, setidaknya setiap hari Anda harus mendapatkan dua lowongan yang dinginkan agar waktu Anda tidak terbuang percuma.
  • Riset - Lakukan riset dan "bookmarks" situs lowongan pekerjaan yang menurut Anda memiliki kredibilitas. Jangan lupa juga untuk selalu mengunjungi situs-situs perusahaan besar. Biasanya perusahaan besar, memiliki kanal karier tersendiri dan mengumumkan lowongan lewat kanal tersebut.
  • Manfaatkan mesin pencari pekerjaan - Maksimalkan mesin pencari pekerjaan yang terdapat pada situs lowongan pekerjaan. Gunakan kata kunci yang langsung merujuk pada lowongan yang diinginkan. Jika Anda tidak menemukan, baru tengok lowongan lain yang cukup menarik bagi Anda. Cobalah fokus saat mencari pekerjaan di dunia maya. Jangan sambil melakukan kegiatan lain. Hal ini sangat penting agar perhatian Anda tidak terbagi.
  • Gunakan situs jejaring sosial - Jangan hanya menggunakan situs jejaring sosial (seperti facebook, twitter, dll) untuk senang-senang saja. Anda bisa "menjual diri" dan mendapatkan pekerjaan lebih cepat. Buatlah jaringan yang kuat dengan teman atau orang-orang yang mungkin memiliki info lowongan yang cocok bagi Anda.
  • Buatlah resume yang menarik - Cobalah lebih kreatif dalam membuat resume baik dari sisi desain maupun isi. Hal ini bisa memicu ketertarikan orang untuk mengetahui Anda secara lebih dalam. Jika ingin mengirim surat lamaran, pastikan semuanya tertata baik. Mulai dari bahasa, tata letak, hingga kelengkapan dokumen.
Temukan semuanya di Kerja Lowongan 
 
Bookmark and Share

tips mencari lowongan kerja melalui media internet lebih praktis!

Surat kabar adalah media yang biasa dipakai untuk mencari informasi kerja di Indonesia. Memang di sana banyak sekali lowongan yang ditawarkan, dan untuk melakukan lamaran pencari kerja harus mengirimkan lamaran beserta curiculum vitae lewat pos, untuk kemudian menunggu panggilan wawancara, jika mereka dianggap memenuhi syarat untuk diwawancarai. Sialnya mencari lowongan kerja di surat kabar kita akan berhadapan dengan konsekuensi persaingan yang cukup ketat antar pelamar.

Loker * Bagi pelamar kerja yang menginginkan persaingan yang rendah tapi bermutu, maka bersaing memperoleh pekerjaan melalui berbagai situs Internet menjadi salah satu alternatif yang menarik. Mengapa demikian, Internet secara alamiah akan melakukan seleksi alam terhadap penggunanya. Hanya segelintir pengguna Internet di Indonesia & kualitasnya rata-rata di atas kebanyakan orang Indonesia.

Jangan kaget ternyata cukup banyak situs-situs yang menyajikan informasi kerja di internet, baik situs yang memang mekhususkan diri sebagai situs lowongan kerja, atau situs-situs perusahaan yang juga menyajikan lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan mereka. Bahkan situs berita seperti kompas.com juga mempunyai halaman yang berisi lowongan pekerjaan. Situs iklan biasanya juga menyajikan informasi lowongan pekerjaan.

Dari beberapa pertanyaan yang diajukan, ternyata banyak juga orang yang pernah membuka situs informasi kerja di internet, bahkan suatu artikel di harian bisnis di Indonesia menyatakan bahwa situs lowongan pekerjaan adalah situs yang paling sering dikunjungi oleh peminat itnernet di Indonesia. Tetapi banyak yang menyatakan bahwa mereka tidak pernah memperoleh response atau panggilan untuk wawancara setelah mereka mengirimkan lamaran berdasarkan informasi kerja. Hal tersebut sebenarnya ada beberapa kemungkinan , mungkin mereka mengirimkan lamaran ke lowongan pekerjaan yang sudah kadaluwarsa, sehingga lowongan tersebut sudah terisi, atau mungkin juga kualifikasi pelamar tidak memenuhi persyaratan perusahaan.

Mencari pekerjaan sebenarnya juga ada trik atau seninya, bayangkan saja pekerjaan yang ada dibandingkan dengan pelamar perbandingannya sangat jauh . Jika suatu perusahaan mencari 10 orang pekerja, kemungkinan besar yang melamar adalah 10 kali lipatnya. Dan berbicara terus terang, dari 100 pelamar tersebut setelah diseleksi berdasarkan surat lamaran yang masuk ( belum seleksi test atau wawancara ) mungkin hanya 20 % saja yang memenuhi persyaratan untuk diwawancarai. Setelah wawancara , mungkin hanya 5 % saja yang dianggap memenuhi syarat untuk pekerjaan tersebut.

Biasanya pihak perusahaan akan mempelajari terlebih dahulu lamaran yang masuk beserta resume yang dikirimkan . Jadi surat lamaran dan resume sebenarnya sangat penting , jika pelamar dapat membuat suatu surat lamaran dan resume yang baik, dapat memberikan nilai tambah , yang tentu saja kemampuan dari pelamar itu sendiri juga harus mampu menjual.

Kegiatan melamar pekerjaan sebenarnya harus dianggap sebagai suatu proyek atau pekerjaan yang cukup serius, pelamar harus mampu bersaing dengan sekian banyak orang yang juga menginginkan pekerjaan tersebut. Jadi sebelum melamar pekerjaan perlu juga mempelajari bagaimana cara membuat resume yang baik dan meyakinkan.

Temukan semuanya di Kerja Lowongan 
 
Bookmark and Share
 

tips mencari kerja menggunakan internet

Memanfaatkan media internet Untuk mencari kerja

Banyak manfaat yang bisa anda peroleh melalui media internet. Jika fungsi internet sehat pada awalnya adalah untuk mengirim data, mencari informasi, mencari aneka sms romantis, maka sekarang manfaat internet telah berkembang menjadi lebih pesat.

fungsi yang sederhana yang dapat kita manfaatkan adalah sebagai cara untuk memencari lowongan kerja melalui internet. mulai dari
Data Entry , Accounting, Manager Hotel, Travel Manager, Sales Manager, marketing,
semua posisi dapat anda temukan di internet.

Meski internet ini memiliki akses yang luas, maka jika kita tidak memiliki cara atau tips khusus, maka kita bisa tersesat ditengah luasnya informasi yang beredar yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Cara mencari kerjadi internet

Untuk mencari kerja di internet, anda bisa mengunjungi situs yang memang menyediakan informasi seputar lowongan kerja untuk itu anda bisa mencarinya di google.

cara lain untuk mencari kerja diinternet adalah menggunakan mesin pencari khusus yang dibuat untuk menemukan lowongan kerja terbaru dan terkini. sehingga anda tidak kehilangan informasi terbaru saat itu.

situs pencari kerja banyak sekali dan salah satunya adalah Job search. situs ini adalah situs mesin pencari yang bekerja atas database google.com menggunakan database google karena google lebih terpercaya, lebih banyak digunakan dari pada mesin pencari lainnya.

Temukan semuanya di Kerja Lowongan, Loker 
Bookmark and Share

Web Desain untuk Pencari Kerja

Internet telah mengubah kehidupan kita dan bagaimana! Hari ini kita bisa melakukan segala hal melalui internet - belanja, berselancar, mendapatkan informasi, belajar, berkomunikasi dan perjalanan hanya beberapa contoh. Orang bahkan dapat melihat keluar untuk pekerjaan di internet. Ada banyak website yang dikenal sebagai portal pekerjaan yang membawa pencari kerja dan pemberi kerja bersama-sama.

Pada portal pekerjaan, posting majikan kekosongan di perusahaan mereka dan surfing pencari kerja melalui lowongan pekerjaan dan melamar pekerjaan langsung dari portal kerja. Portal pekerjaan membuat uang dengan membebankan pengusaha untuk mengirim daftar pekerjaan mereka, namun itu bukan topik di sini. Pencari kerja, bukan melalui kolom lowongan koran yang tak terhitung jumlahnya dapat mencari pekerjaan impian mereka pada portal kerja dan berlaku untuk itu pada saat yang bersamaan.

Menjadi Kepala SDM perusahaan multi nasional sejak 8 tahun terakhir, saya telah melihat fakta mencolok resume atau CV para pencari pekerjaan yang paling tidak cukup menarik untuk menarik perhatian saya. Hampir, dengan pengecualian, semua CV adalah sama, mereka semua mengikuti pada format yang berbeda paling 2 atau 3. Aku heran mengapa beberapa pencari kerja tidak berpikir untuk menggunakan sebuah website pribadi untuk meningkatkan peluang mereka mendarat pekerjaan impian mereka.

Ya, itulah yang kita akan membahas hari ini, Website untuk Pencari Kerja. Seorang pencari kerja mencari pekerjaan baru, atau ingin beralih pekerjaan harus memiliki situs pribadi di mana mereka bisa menyebut segala sesuatu tentang diri mereka sendiri, mereka juga terus CV atau melanjutkan untuk di-download dalam format PDF. Ide dasarnya adalah untuk memberitahu majikan tahu bahwa Anda menyadari kekuatan internet dan ide lainnya adalah membiarkan pemberi kerja potensial tahu bahwa Anda selalu tersedia.

Ikuti tips di bawah ini yang harus Anda pertimbangkan ketika Anda sedang merancang website untuk pencari kerja atau situs pribadi untuk Anda.

1. Jadi jelas, lurus & benar
 Ketika Anda sedang dalam proses perancangan website, pastikan bahwa Anda semua negara tentang diri Anda dengan jelas dan tegas. Jadilah lurus dan datang ke titik, majikan menginformasikan potensi jenis pekerjaan profil yang Anda cari untuk bekerja dengan. Dan ya, jujur --- tidak berbohong sedikit tentang apa-apa karena tanah yang mungkin Anda dalam sup dan dengan referensi tidak begitu kredibel.

2. Anda CV
 Biarkan para majikan yang potensial untuk mendownload CV Anda. Upload CV Anda di situs Web Anda dan memberikan link yang sesuai untuk itu, sehingga para majikan yang potensial dapat men-download CV Anda dalam format PDF.

3. Kontak
 Membuat halaman kontak yang sangat baik, yang memberikan semua rincian kontak Anda dan juga menyebutkan tempat di mana Anda saat ini bekerja. Juga ingat untuk memberitahu majikan potensial jika mereka dapat menghubungi Anda pada pekerjaan Anda saat ini. Anda juga dapat memilih untuk memberikan penentuan waktu yang nyaman untuk menelepon Anda. Ini adalah ide yang baik untuk menginformasikan kerja yang potensial jika mereka dapat menghubungi majikan Anda saat ini atau tidak.

4. Prestasi
 Daftar semua prestasi yang telah Anda buat pada pekerjaan Anda saat ini dan semua pekerjaan sebelumnya. Ofcourse, itu akan menjadi ide yang baik jika Anda dapat memberikan rincian semua prestasi.

5. Referensi
 Ya, mereka sangat penting. Memberikan beberapa referensi yang solid dan memungkinkan para majikan yang potensial untuk menghubungi mereka melalui email.

6. Artikel
 Menerbitkan beberapa artikel di situs pribadi Anda untuk seekrs pekerjaan pada subyek Anda dan profil pekerjaan Anda, dan memungkinkan mereka untuk di-download melalui file PDF. Pengusaha potensial dapat melihat pikiran Anda dan mengukur kematangan Anda untuk pekerjaan impian Anda dalam pertanyaan. Misalnya, jika Anda mencari pekerjaan untuk posisi pemasaran, Anda harus menyertakan sebuah artikel asli tentang keuntungan dari internet marketing.

7. Favorit
 Anda Publikasikan daftar website yang merupakan favorit Anda. majikan yang potensial Anda bisa mengetahui tentang preferensi Anda dan sejenisnya. Pastikan bahwa sambil menambahkan link Anda tidak melanggar hak cipta.

Web Design Temple, merancang sebuah web perusahaan spesialisasi dalam mengembangkan situs pribadi - desain web untuk pencari kerja yang akan membantu Anda dalam arahan dengan impian Anda.

Temukan semuanya di Kerja Lowongan, Loker 
Bookmark and Share

Bagaimana menghindari stress untuk para pencari pekerjaan

Jika Anda salah satu dari ribuan orang Amerika mencari pekerjaan saat ini, maka Anda pasti mengerti arti kata frustrasi. Mencari pekerjaan tidaklah mudah, tetapi dengan pandangan yang benar dan beberapa tips bermanfaat, proses dapat dibuat terlalu sulit.
Pertama dan paling utama, penting untuk memiliki sikap positif. Tentu saja, Anda mungkin akan menjadi kaya jika Anda memiliki satu dolar untuk setiap kali Anda pernah mendengar kata-kata ini, tapi tetap positif adalah apa yang akan menjaga Anda dari rasa sesak dengan pencarian kerja Anda. Selain itu, majikan pemberitahuan sikap Anda. Apakah itu melihat profil Facebook Anda atau account Twitter, atau berbicara dengan Anda dalam sebuah wawancara, pengusaha lebih mungkin untuk mempekerjakan seseorang dengan pengalaman kurang dan sikap yang baik maka seseorang yang punya resume yang tepat dan “Debbie Downer.”
Selanjutnya, pertimbangkan beberapa pengaturan tujuan untuk diri sendiri. Anda akan cenderung tetap fokus dan merasa dicapai jika Anda menulis beberapa tujuan dan tongkat kepada mereka. Misalnya, menetapkan tujuan untuk menghabiskan satu atau dua jam setiap hari pada pencarian pekerjaan Anda. Anda juga harus menuliskan apa yang Anda ingin dicapai dalam kerangka waktu itu, seperti; mencari-cari majikan mungkin atau lowongan pekerjaan, mengirim kembali, atau menghabiskan waktu bekerja pada pemasaran Anda.
“Ini bukan apa yang Anda tahu, tapi siapa yang kita tahu.” Ini mungkin tidak sepenuhnya benar, namun, membuat kontak merupakan cara terbaik untuk membuat diri Anda lebih berharga dan pada akhirnya bisa membantu Anda lahan pekerjaan. Melamar pekerjaan dan mengirimkan resume adalah besar, tetapi menggunakan media sosial seperti Twitter adalah salah satu cara yang baik untuk mendapatkan nama Anda di luar sana. (Lihat blog sebelumnya kami pada Bangunan Professional Resume Anda melalui Twitter).
Perlu diketahui bahwa meskipun Anda tidak memiliki pekerjaan, bukan berarti Anda keluar dari permainan. Pengusaha cenderung untuk bertanya apa yang telah Anda lakukan saat Anda telah kehilangan pekerjaan. Tanggapan “Tidak banyak,” adalah tidak mungkin untuk mengesankan. Jauhkan diri Anda sibuk dengan hal-hal yang akan terlihat baik pada resume atau akan meningkatkan pemasaran Anda. Menggunakan Twitter adalah memulai, tapi pertimbangkan tulisan sebuah blog yang berhubungan dengan bidang yang Anda ingin bekerja masuk Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengambil kelas atau dua bahwa akan memberikan langkah-up pada kompetisi. Kebanyakan perusahaan saat ini mengharapkan Anda untuk menjadi kompeten dalam program-program seperti Microsoft Office. Jika pengalaman hanya Anda hanya mengetik kertas pada Microsoft Word, Anda harus berpikir tentang mengambil kursus pelatihan. (Hal ini terlihat hebat di resume).

Temukan semuanya di Kerja Lowongan, Loker 
Bookmark and Share

Minggu, 28 November 2010

Bagaimana menghindari stress untuk para pencari pekerjaan

Jika Anda salah satu dari ribuan orang Amerika mencari pekerjaan saat ini, maka Anda pasti mengerti arti kata frustrasi. Mencari pekerjaan tidaklah mudah, tetapi dengan pandangan yang benar dan beberapa tips bermanfaat, proses dapat dibuat terlalu sulit.
Pertama dan paling utama, penting untuk memiliki sikap positif. Tentu saja, Anda mungkin akan menjadi kaya jika Anda memiliki satu dolar untuk setiap kali Anda pernah mendengar kata-kata ini, tapi tetap positif adalah apa yang akan menjaga Anda dari rasa sesak dengan pencarian kerja Anda. Selain itu, majikan pemberitahuan sikap Anda. Apakah itu melihat profil Facebook Anda atau account Twitter, atau berbicara dengan Anda dalam sebuah wawancara, pengusaha lebih mungkin untuk mempekerjakan seseorang dengan pengalaman kurang dan sikap yang baik maka seseorang yang punya resume yang tepat dan “Debbie Downer.”
Selanjutnya, pertimbangkan beberapa pengaturan tujuan untuk diri sendiri. Anda akan cenderung tetap fokus dan merasa dicapai jika Anda menulis beberapa tujuan dan tongkat kepada mereka. Misalnya, menetapkan tujuan untuk menghabiskan satu atau dua jam setiap hari pada pencarian pekerjaan Anda. Anda juga harus menuliskan apa yang Anda ingin dicapai dalam kerangka waktu itu, seperti; mencari-cari majikan mungkin atau lowongan pekerjaan, mengirim kembali, atau menghabiskan waktu bekerja pada pemasaran Anda.
“Ini bukan apa yang Anda tahu, tapi siapa yang kita tahu.” Ini mungkin tidak sepenuhnya benar, namun, membuat kontak merupakan cara terbaik untuk membuat diri Anda lebih berharga dan pada akhirnya bisa membantu Anda lahan pekerjaan. Melamar pekerjaan dan mengirimkan resume adalah besar, tetapi menggunakan media sosial seperti Twitter adalah salah satu cara yang baik untuk mendapatkan nama Anda di luar sana. (Lihat blog sebelumnya kami pada Bangunan Professional Resume Anda melalui Twitter).
Perlu diketahui bahwa meskipun Anda tidak memiliki pekerjaan, bukan berarti Anda keluar dari permainan. Pengusaha cenderung untuk bertanya apa yang telah Anda lakukan saat Anda telah kehilangan pekerjaan. Tanggapan “Tidak banyak,” adalah tidak mungkin untuk mengesankan. Jauhkan diri Anda sibuk dengan hal-hal yang akan terlihat baik pada resume atau akan meningkatkan pemasaran Anda. Menggunakan Twitter adalah memulai, tapi pertimbangkan tulisan sebuah blog yang berhubungan dengan bidang yang Anda ingin bekerja masuk Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengambil kelas atau dua bahwa akan memberikan langkah-up pada kompetisi. Kebanyakan perusahaan saat ini mengharapkan Anda untuk menjadi kompeten dalam program-program seperti Microsoft Office. Jika pengalaman hanya Anda hanya mengetik kertas pada Microsoft Word, Anda harus berpikir tentang mengambil kursus pelatihan. (Hal ini terlihat hebat di resume).

Temukan semuanya di Kerja Lowongan, Loker 
Bookmark and Share

Tips Tetap Optimis Saat Mencari Pekerjaan

Siapa bilang mencari pekerjaan itu gampang? Rasanya kalimat itu sering sekali diucapkan oleh semua orang dengan merujuk pada kenyataan yang ada sekarang ini. Namun tahukah anda bahwa rasa frustrasi menunggu datangnya panggilan itu jauh lebih menyiksa? Hal itu dikarenakan ketidakpastian yang melanda, yang membuat perasaan jadi tidak karuan. Memang banyak orang yang memilih untuk bersikap masa bodoh dan cuek, namun berapa lama sih hal itu bisa bertahan, apalagi kalau panggilan itu tidak kunjung datang?
Jangan remehkan rasa frustrasi ini, karena efeknya bisa panjang. Bisa-bisa saat anda benar-benar mendapat panggilan, lamaran anda ditolak hanya karena pembawaan atau raut muka anda yang kusut sebagai efek lanjutan dari rasa kesal tersebut. Mempertahankan keyakinan dan motivasi memang sangat vital dalam fase ini, namun dengan kiat-kiat berikut, pertahankan pemikiran positif anda.
1. Rajin- rajinlah ngobrol dengan teman
Akan lebih baik bila dalam situasi sulit seperti ini, anda mempunyai seorang teman sebagai tempat curhat. Ingat-ingatlah saran-saran yang diberikannya, siapa tahu bermanfaat bagi anda. Atur waktu teratur untuk bertemu dan berdiskusi, semakin banyak masukan yang diberikan semakin baik bagi anda.
2. Buat catatan
Tetaplah hidup teratur dengan menyimpan catatan-catatan tentang nomor telepon atau kapan dan kemana saja kita mengirim lamaran pekerjaan. Dengan mencatat hal-hal kecil namun penting tersebut, akan lebih mudah saat melakukan follow-up.
3. Bagi waktu dengan baik
Atur dan tentukan berapa lama waktu yang akan dihabiskan untuk membuat surat lamaran yang akan dikirimkan, melakukan riset pasar melalui website atau hal- hal lain yang menyangkut lamaran pekerjaan. Dengan begitu, kita tidak berharap terlalu banyak atau merasa kecewa saat tidak mampu menyelesaikan apa yang telah ditargetkan tepat pada waktunya.
4. Tentukan tujuan
Motivasi adalah hal yang paling penting dalam mempertahankan harapan dan tidak putus asa, jadi jangan buat target yang terlalu muluk-muluk. Tetaplah realistis dan berusahalah untuk dapat konsisten menjalankannya. Sebagai contoh, jangan sampai anda berencana untuk melakukan puluhan kali telepon dalam satu hari — anda hanya akan menjadi depresi bila target tersebut tidak tercapai.
5. Perkuat keyakinan diri
jangan biarkan diri anda larut dalam frustrasi berkepanjangan! Bila anda memerlukan peralatan kosmetik baru (parfum atau lipstick misalnya), makan dessert yang enak, atau melakukan massage hanya supaya anda merasa lebih baik, lakukan saja. Lakukan apapun yang bisa membuat perasaan anda lebih baik, sejauh hal itu tidak merugikan diri sendiri atau orang lain. Dengan begitu, saat dipanggil untuk wawancara anda dapat tampil lebih percaya diri dan tenang.
6. Kumpul dengan teman-teman
Sediakan waktu misalnya sekali dalam seminggu atau sebulan untuk berkumpul dengan teman-teman anda (yang mungkin senasib), tanya perkembangan masing-masing termasuk menjelaskan tentang perkembangan anda sendiri. Usahakan agar suasana berlangsung santai dan tidak mengeluarkan banyak uang. Ingatlah bahwa tidak ada orang yang berusaha mencari lowongan selama 24 jam, jadi tetaplah bergaul!

Temukan semuanya di Kerja Lowongan, Loker 
Bookmark and Share

Beberapa Pitfall Manajemen yang Harus Diwaspadai

Pada dasarnya Rumah Sakit (RS) adalah suatu organisasi pelayanan kesehatan yang mempunyai misi sosial melayani orang sakit tanpa membedakan status sosial-ekonominya. Namun, kini RS juga bermisi bisnis karena bersifat multiusaha, baik medis, penunjang maupun nonmedis, serta sebagai tempat bernaung berbagai tenaga profesional medis, paramedis, dan nonmedis yang bekerja untuk mencari nafkah.
Menggabungkan kedua misi menjadi misi sosio-ekonomi jelas membutuhkan entrepreneurialship (semangat wirausaha) serta strategi pengelolaan RS yang profesional dan mengandung nilai ekonomi tanpa mengabaikan nilai sosial.
Sementara itu, memang tidak mudah mengelola sebuah RS, suatu organisasi pelayanan serba padat, yaitu padat usaha, padat modal, padat kecanggihan ilmu-teknologi, padat SDM dan profesi karena akan berhadapan dengan dampak internal multiusaha RS, yaitu padat masalah. Fenomena internal tersebut masih diperberat oleh masalah regional dan global, yakni perubahan yang sangat cepat, tantangan persaingan-bebas, tuntutan strategi berbasis kinerja, serta lahirnya paradigma organisasi, dan kepemimpinan masa depan.
Mengelola sebuah RS saja tidaklah mudah, apalagi sekaligus harus menghadapi dan mengantisipasi perubahan global yang sudah mulai terasa dampaknya. Dengan demikian, harus diwaspadai akan adanya pitfall (suatu kejadian yang lazim tidak disangka—karena dianggap remeh, terlupakan, atau ketidaktahuan—yang berpotensi menjadi masalah) oleh para pemilik dan pengelola RS agar RS-nya Besar dan Bertahan terhadap berbagai Krisis (Being a Great and Sustainable Hospital).

Temukan semuanya di Kerja Lowongan, Loker 
Bookmark and Share



Lowongan Forex & Investasi Resiko Tinggi Bagi Pelamar Kerja & Pencari Kerja Yang Merugikan Anda

Hati-hati dan waspada penuh pada perusahaan yang bergerak di bidang investasi beresiko tinggi seperti yang berbau forex, efek, saham, fx, bursa berjangka, pasar uang, dan lain sebagainya. Sebenarnya ini bukan kejahatan kriminal, tapi sesuatu kegiatan / aktifitas yang akan merugikan anda dari segi waktu dan keuangan anda.
Efek terburuk dari karir pada bidang tersebut adalah bunuh diri karena rugi dengan hutang berlimpah. Permainan investasi dengan resiko tinggi tersebut juga belum memiliki kejelasan mengenai halal haramnya karena ada indikasi judi kelas atas tingkat tinggi. Namun jika anda punya banyak uang milik sendiri yang ingin anda lipa gandakan dengan resiko hilang semua serta anda dapat menerimanya itu sah-sah saja.
Umumnya mereka mengincar para pencari kerja baik yang baru lulus kuliah / sekolah serta orang yang sudah pernah bekerja. Para pelaku umumnya juga korban dari perusahaan yang terikat sistem untuk mencari korban lain. Tempat atau kantor perusahaan tersebut juga sangat bagus dan bonafid sehingga tidak akan menimbulkan kecurigan anda.
Biasanya diawali dengan secara membabi buta membuat berbagai iklan lowongan pekerjaan di media cetak dan internet. Orang yang melamar akan langsung dipanggil untuk wawancara atau disortir terlebih dahulu mana yang layak berpotensi dan dapat menjadi pencari uang untuk modal perusahaan. Jenis pekerjaan yang ditawarkan beragam dan terkadang menipu. Lowongan manajer trainee, manajer eksekutif, akuntan, sekretaris, administrasi, dan lain sebagainya akan berujung pada satu jenis pekerjaan yang sama, yakni mencari modal bagi keuntungan perusahaan.
Setelah pelamar datang akan diwawancarai untuk sekedar basa-basi serta formalitas belaka. Kemudian pelamar kerja akan diwajibkan langsung ikut pelatihan investasi beresiko tinggi di kelas dan langsung ke lapangan tempat transaksi. Umumnya jenis investasi adalah jual beli uang asing / foreign exhange / forex / fx, indeks, komoditas, dan lain sebagainya. Pelamar pun akan diberikan pembelajaran dengan alur yang telah ditentukan serta diberi ujian formalitas.
Setelah mengikuti pelatihan singkat, pelamar akan ditawari pekerjaan sebagai pencari modal baik dari modal sendiri, keluarga, teman, saudara, tetangga, dan lain sebagainya secara wajib. Keuntungan akan diberikan setiap transaksi dilakukan. Berbagai bonus akan melayang ke hadapan anda jika anda berhasil mendapat modal besar dan memiliki downline atau bawahan hasil rekrut anda.
Tapi sekali lagi yang pasti uang yang anda mainkan pada investasi resiko tinggi dapat hilang semua tanpa bekas walaupun keuntungan yang dijanjikan sangat besar. Apalagi uang yang anda mainkan bukanmilik anda. Seandainya kalah dan rugi anda akan berhadapan dengan pemilik modal yang murka.
Jika anda ingin menimba ilmu anda boleh saja ikut pelatihan gratis dan kabur setelah ujian untuk menambah wawasan anda di dunia investasi. Jangan mudah terpengaruh bujuk rayu orang lain yang dapat menjerumuskan anda. Lebih baik tenang jadi karyawan daripada paranoid jadi manajer eksekutif.

Temukan semuanya di Kerja Lowongan, Loker 
Bookmark and Share

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Pencari Kerja

Hal ini akan sangat berguna bagi pencari kerja agar terhindar dari rasa frustrasi. Beberapa hal yang harus diketahui dan dipahami pencari kerja misalnya:- Pencarian pekerjaan adalah identik dengan mempromosikan diri sendiri dan talenta yang dimiliki

- Mengetahui dengan pasti bagaimana talenta yang dimiliki dapat memberikan manfaat bagi perusahaan yang dilamar
- Mencari pekerjaan merupakan suatu pekerjaan juga: jadi perlu bersabar karena pasti membutuhkan waktu
- Buat rencana dan ikuti rencana tersebut; meski tidak harus diikuti secara kaku
- Mencari pekerjaan harus pantang menyerah  
- Mencari pekerjaan harus didasari dengan niat
- Usahakan mencari kerja yang sesuai dengan kemampuan kita
- Usahakan dulu bekerja disatu tempat dengan waktu masa kerja yang lama,  
  kira-kira 6 bulan ( minimal) agar diri kita diperusahaan konsisten dengan  
  perusahaan terkait.

- Cari informasi lowongan kerja dari mana saja, terutama dari internet.



Temukan semuanya di Kerja Lowongan, Loker 
Bookmark and Share

Kualitas Pencari Kerja Masih Diragukan

SUDAH menjadi fenomena di negeri ini, setiap digelar seleksi masuk calon pegawai negeri sipil, pencari kerja dipastikan berbondong-bondong mendaftarkan diri. Seperti yang digelar pada Rabu (24/11), sebanyak 4,5 juta pencari kerja ikut seleksi memperebutkan sekitar 204.000 lowongan di berbagai instansi pemerintah. Artinya, dari setiap 22 peserta, hanya satu orang yang diterima.

Sebenarnya bukan hanya menjadi pegawai negeri sipil (PNS) yang diserbu pencari kerja, tetapi juga bursa kerja yang digelar perusahaan di beberapa kota. Bursa kerja biasanya tidak hanya membuka lowongan di dalam negeri, tetapi juga mengisi peluang kerja di luar negeri. Membeludaknya pencari kerja pada setiap kegiatan berkaitan dengan peluang kerja tidak bisa dimungkiri. Sebab, saat ini tercatat ada 40 juta penganggur dan 10 juta jiwa di antaranya berstatus penganggur terbuka. Artinya, sama sekali tidak memiliki pekerjaan atau usaha mandiri.

Angka pengangguran itu pun terus menggunung karena, menurut perkiraan, rata-rata ada 2,5 juta orang setiap tahun masuk ke pasar kerja. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), dari angkatan kerja tersebut, hanya 1,5 juta orang yang mendapat pekerjaan.

Sebenarnya lowongan kerja tersedia setiap saat. Ini tercermin dari hampir setiap hari media cetak terbitan lokal memuat sedikitnya puluhan iklan lowongan kerja. Pencari kerja pun rajin memanfaatkan iklan tersebut untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. "Sudah ada 30 kali saya mengirim lamaran kerja ke berbagai perusahaan yang memasang iklan di surat kabar, tetapi tetap saja keinginan bisa bekerja kandas di tengah jalan. Beberapa kali saya sempat ikut seleksi, setelah itu tidak ada panggilan lagi," kata Julaedi (35), sarjana pertanian lulusan sebuah universitas negeri di Indonesia bagian timur itu.

Pengamalan serupa mungkin dialami pencari kerja pada umumnya sehingga mengirim lamaran kerja melalui surat- menyurat tidak lagi menjadi pilihan. Pencari kerja cenderung menunggu penyelenggaraan bursa kerja di berbagai kota dengan alasan bisa langsung mengetahui perusahaan yang mencari karyawan. "Saya sudah kapok mengirim lamaran kerja melalui kantor pos karena tidak pernah ada panggilan," kata Melda (28), sarjana lulusan sebuah perguruan tinggi swasta di Bandung, yang sudah dua tahun menganggur.

Menurut Dirjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Depnakertrans Kirnadi, dari hasil beberapa kali kegiatan bursa kerja, pencari kerja umumnya tak bisa memenuhi kualifikasi untuk mengisi lowongan. Jadi, dari setiap 10 pencari kerja yang memperebutkan tiga lowongan, hanya dua lowongan yang terisi.

Artinya, kualitas dan keterampilan pencari kerja masih relatif rendah. Tak jarang beberapa perusahaan sama sekali tidak mendapat calon karyawan baru karena semua pelamar tidak memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan. Ada perusahaan otomotif di luar negeri butuh 250 pegawai dan menjaring lewat bursa kerja, ternyata seorang calon pun tak lolos.

Jadi, bukan lowongan yang nihil, tetapi perusahaan memang lebih selektif menjaring calon karyawan. Penyedia kerja bahkan cenderung menerima yang berpengalaman di bidangnya. Kalau sudah begini, angka pengangguran makin sulit ditekan.

Temukan semuanya di Kerja Lowongan, Loker 
Bookmark and Share


Cara Lebih Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan bertemu dengan salah satu kawan kerja saya dahulu. Ibu ini kebetulan bertugas di bidang HRD yang salah satunya adalah melakukan tugas recruitment karyawan.
Disela pembicaraan dia berkata bahwa saat ini untuk mendapatkan pekerjaan maka dari pencari kerja tidak hanya dituntut untuk dapat bekerja keras dan rajin juga harus memiliki suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan pencari kerja lainnya misalnya dari segi kreatifitas.
Kesimpulan saya adalah bahwa seorang pencari kerja saat ini perlu menjadi seseorang yang “berbeda” dari para pencari kerja lainnya sehingga pencari kerja ini akan menjadi “istimewa” dimata si calon boss. Keistimewaan tersebut dapat berupa kreatifitas seperti yang saya sebutkan diatas atau mempunyai keterampilan yang jarang dimiliki oleh orang lain dan masih banyak lagi kemungkinan yang lain.
Beberapa waktu yang lalu saya mendengarkan sebuah talk-show di sebuah radio swasta yang sedang membahas salah satunya adalah tentang bagaimana seseorang dapat memperoleh pekerjaan yang diinginkannya ditengah persaingan yang semakin ketat saat ini. Dari acara yang berdurasi 1 jam ini saya mendapatkan kesimpulan tentang satu cara dimana seorang pencari kerja dapat “menarik” perhatian si pemberi kerja dengan cara yang mungkin jarang dilakukan oleh seorang pencari kerja. Bagaimana caranya?
Begini, seorang pencari kerja dapat bertemu dengan pencari kerja (dengan catatan bahwa pekerjaanya cocok dengan bidangnya) dan sipencari kerja dapat menawarkan suatu “proposal” kepada sipencari kerja. Isi proposal ini adalah bahwa si pencari kerja bersedia bekerja 2-3 bulan (relatif)tanpa mendapatkan gaji. Lho kok aneh? Biasanya orang ingin mendapatkan pekerjaan karena ingin mendapatkan gaji kalau bisa yang besar lagi. Sekarang malah mau kerja gratisan. Tunggu dulu! Sebenarnya ada kelanjutannya dan tidak hanya berhenti sampai disitu. Bila si pemberi kerja “puas” dengan pekerjaan si pencari kerja maka di bulan ke 4 si pencari kerja dapat minta untuk diangkat menjadi pegawai. Untuk memperkuat “perjanjian” ini mungkin dapat dibuatkan semacam surat perjanjian diatas meterai sebelumnya. Bagi si pemberi kerja hal ini tidak ada ruginya karena dia tidak akan “kehilangan” apa-apa.
Bila sipencari kerja bekerja di tempat yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya dan menyenangi bidang tersebut maka saya yakin bila si pencari kerja bekerja dengan sepenuh hati maka si pencari kerja akan mendapatkan pekerjaan yang didambakannya.


Bookmark and Share

Jumat, 26 November 2010

Membuat Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)

Agar terlihat profesional dan menarik, ada beberapa hal yang hendaknya diperhatikan dalam membuat curriculum vitae (CV):
Gunakan kertas putih polos

CV hendaknya polos tidak menggunakan background image (dasar bergambar).
Status perkawinan

Cantumkan status perkawinan (single, married, atau divorced).
Foto terbaru

Lampirkan pas foto terbaru. Sebaiknya gunakan pas foto berwarna, dan berpakaian resmi (jas lengkap dengan dasi).
Referensi

Bila memungkinkan, cantumkan referensi, yaitu orang yang bisa dihubungi oleh pihak penyeleksi untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda (biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya).
Pekerjaan yang diinginkan

Selalu cantumkan jenis pekerjaan yang anda inginkan. Jangan menulis bahwa anda siap bekerja dalam posisi apa saja karena akan memberi kesan bahwa anda adalah pekerja serabutan. Tuliskan saja spesialisasi anda.
Format standar surat resmi

Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar (warna hitam), contohnya font jenis Times New Roman.
Pengalaman kerja

Cantumkan deskripsi singkat tentang pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya (bukan nama perusahaannya) sebanyak-sebanyaknya tiga perusahan terakhir, berikut pangkat dan jabatannya.
Pengalaman lain yang menunjang

Cantumkan pengalaman atau organisasi yang berhubungan dengan spesialisasi anda. Jika anda adalah seorang spesialis bidang kimia, maka pengalaman sebagai juara I lomba melukis atau pejabat ketua senat tidak perlu dicantumkan.
Identitas

Cantumkan identitas anda dengan jelas.


Format resume atau curriculum vitae di setiap negara berbeda-beda. Hal ini tampaknya dipengaruhi oleh budaya, kebiasaan dan pandangan politik di setiap negara yang berbeda-beda pula. Sebagai contoh, untuk resume standar di Amerika Serikat (AS) tidak perlu mencantumkan foto, agama, status perkawinan dan umur, karena hal itu dianggap sangat pribadi.

Perusahaan tidak meminta pencantuman keterangan-keterangan seperti itu karena bisa dianggap melakukan ‘early prejudice’. Di AS perusahaan tidak boleh melakukan diskriminasi dalam penerimaan pegawai, baik diskriminasi atas ras, umur, status maupun agama. Sedangkan di Singapura, kadang dalam resume diminta mencatumkan keterangan ras.


Bookmark and Share

Kamis, 25 November 2010

MENJADI KARYAWAN YANG DIPERHITUNGKAN

Menjadi karyawan yang diperhitungkan dalam perusahaan tentu menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi para profesional, termasuk Anda. Namun untuk menjadi orang yang diperhitungkan, tidaklah semudah menyelesaikan pekerjaan Anda sehari-hari.

Kepandaian Anda dalam bekerja ternyata bukanlah satu-satunya jaminan bahwa Anda akan menjadi orang yang diperhitungkan dan berhasil dalam karir. Dibutuhkan strategi yang lebih dari sekedar pintar dan pandai menyelesaikan pekerjaan. Strategi tersebut adalah ‘menonjolkan’ kemampuan Anda. Coba Anda perhatikan, hanya orang-orang yang mampu menunjukkan dan menonjolkan kemampuannya lah yang bisa meraih sukses dalam karir.

Apalagi jika Anda bekerja di perusahaan besar, jika ingin maju? Anda harus pintar-pintar menonjolkan? kemampuan Anda. Karena, semakin besar perusahaan tempat Anda bekerja, umumnya semakin sulit untuk mendapatkan perhatian dari perusahaan. Keberhasilan Anda di unit kerja, seringkali tidak cukup untuk menarik perhatian perusahaan secara khusus. Nah, hanya orang-orang yang menonjollah yang akan mendapat perhatian khusus dari perusahaan.

Untuk menjadi orang yang menonjol dan diperhitungkan caranya jangan hanya mengerjakan tugas-tugas khusus yang diberikan pada Anda. Memang, kadang akan lebih nyaman jika mengerjakan tugas khusus yang itu-itu saja dari hari ke hari. Karena Anda akan terhindar dari beban ekstra dan resiko kegagalan yang lebih berat. Tetapi bila ingin menonjolkan kemampuan, tentu saja sikap semacam ini harus segera dirubah. Untuk itu setiap kali ada kesempatan, jangan sia-siakan. Misalnya mencoba berpartisipasi dalam proyek-proyek khusus atau tugas apa saja yang dipantau langsung oleh pihak manajemen perusahaan, baik yang terlihat maupun tidak.

Kadang perusahaan memiliki proyek atau kegiatan yang belum terjamah? karena tidak ada yang bisa menanganinya, sehingga proyek itu tertunda sampai beberapa lama. Kalau ingin menonjolkan diri, tidak ada salahnya Anda mengajukan diri untuk menangani proyek tersebut. Tentu saja, Anda harus meyakinkan perusahaan bahwa Anda mampu mengerjakan dan menyelesaikan proyek itu. Kemudian Anda harus membuktikan keyakinan Anda dengan menunjukkan hasil kerja yang menggembirakan.

Contoh lainnya, Anda dapat mengusulkan metode atau prosedur kerja yang lebih baik tanpa menunggu perintah dari atasan. Bila telah selesai, jangan ragu untuk menunjukkan atau melaporkan hasil kerja Anda pada atasan atau kepada pihak manajemen. Dengan catatan tetap sesuai dengan prosedur di perusahaan. Jangan lupa untuk memperkuat laporan Anda dengan hasil nyata.

Kerja Lowongan Selanjutnya jangan berhenti untuk mencari dan menerima tanggung jawab yang lebih besar! Konsekuensinya beban kerja Anda memang jadi lebih besar, tetapi beban kerja yang lebih besar tidak selalu berarti pekerjaan semakin banyak. Jumlah tugas Anda bisa jadi tetap sama, hanya bebannya yang lebih berat dari sebelumnya. Sehingga tanggung jawab Anda terhadap pekerjaan itu pun semakin besar. Selain itu jangan berhenti untuk meningkatkan peran dalam kelompok sampai akhirnya Anda dipercaya untuk mengepalai atau memimpin suatu proyek atau pekerjaan.

Bookmark and Share


Korban PHK 2009 capai 1 juta orang

JAKARTA: Korban pemutusan hubungan kerja (PHK) pada 2009 diperkirakan mencapai 1 juta orang, sehingga pemerintah harus mempercepat penyaluran dana stimulus pembenahan infrastruktur dan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) mandiri yang dijanjikan lebih dari Rp100 triliun.
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan percepatan penyaluran dana stimulus itu akan dapat menyerap tenaga kerja korban PHK.

“Kami minta pemerintah mempercepat stimulus dana infrastruktur Rp100 triliun, PNPM Mandiri, kredit usaha rakyat dan lainnya agar ketika kami nanti mengenakan PHK, bisa langsung ditampung pemerintah,” tuturnya pada acara Tinjauan Ekonomi 2008 dan Perspektif 2009 di Jakarta kemarin.

Perlambatan laju pertumbuhan ekonomi pada tahun depan, sebagai dampak krisis ekonomi global, akan memaksa pengusaha menurunkan kapasitas produksi 20%-30%, sehingga PHK tidak dapat dihindari.

Apindo memperkirakan korban PHK mencapai 500.000 orang-1 juta orang pada tahun depan. Korban PHK hingga akhir 2008 diperkirakan 100.000 orang yang berasal dari berbagai sektor, khususnya padat karya.

Perkiraan Apindo itu jauh lebih besar dibandingkan dengan data hasil pemantauan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang menyebutkan korban PHK hingga 12 Desember sebanyak 17.488 orang.

“Kami mulai mengurangi tenaga kerja per 1 Januari 2009. Yang pertama terkena PHK adalah buruh kontrak.”

Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Benny Soetrisno menyebutkan PHK akan menjadi opsi terakhir, karena pengusaha harus membayar pesangon.

“PHK sudah berjalan. Di industri tekstil terjadi penurunan 10% dari tenaga kerja yang diserap 1,2 juta orang. Tahun depan paling sedikit mengurangi 70.000-80.000 orang,” ujarnya.

Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Eddy Widjanarko mengatakan pengurangan karyawan di industri sepatu tahun depan mencapai 30.000 orang.

Gelombang PHK tahun depan juga diperkirakan berasal dari industri konstruksi, yang mengurangi 30% dari 15 juta pekerja, industri kayu, perkebunan terutama kelapa sawit sebanyak 100.000-300.000 orang.

Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sinduwinata dan Ketua Regulasi Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Franky Sibarani mengungkapkan industri otomotif dan makanan-minuman mengantisipasi dampak krisis dengan mengurangi jam kerja, menghapus lembur, hingga efisiensi di sejumlah lini.

Sofjan berharap dapat menghapus ekonomi biaya tinggi dan mendukung langkah pengusaha mengamankan pasar domestik melalui proteksi dengan implementasi kebijakan pembatasan produk impor, mulai 1 Januari 2009.

“Kami minta pemerintah melibatkan kami, agar kebijakan bisa langsung tepat sasaran. Sekarang kami belum diajak bicara satu meja. Kami tidak minta insentif macam-macam dari pemerintah, yang penting bagaimana sinergi antara dunia usaha dan pemerintah,” paparnya.

Simulasi krisis

Kerja Lowongan Gubernur Bank Indonesia Boediono, yang ditemui di sela-sela rapat simulasi krisis ekonomi bersama Menteri Keuangan, mengatakan pemerintah dan bank sentral tengah bersiaga menghadapi perlambatan ekonomi dengan melakukan simulasi penanganan krisis ekonomi, menyusul gagalnya Perppu Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) menjadi undang-undang.

“Betul ekonomi kita akan melambat. Kita harus siap-siap semoga tidak terlalu anjlok.”

Untuk itu, lanjutnya, dibutuhkan simulasi guna mengantisipasi krisis sehingga, baik otoritas fiskal maupun otoritas moneter, tidak gamang ketika menghadapinya.

Bookmark and Share

Karyawan yang dibutuhkan perusahaan

Menjadi karyawan yang dibutuhkan dalam perusahaan tentu menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi para profesional, termasuk Anda. Namun untuk menjadi orang yang dibutuhkan, tidaklah semudah menyelesaikan pekerjaan Anda sehari-hari. Jadi karyawan yang dibutuhkan perusahaan, bank, PT, atau perusahaan telekomunikasi tidaklah mudah. Harus memiliki skill yang tinggi. 

Kerja Lowongan Kepandaian Anda dalam bekerja ternyata bukanlah satu-satunya jaminan bahwa Anda akan menjadi orang yang diperhitungkan dan berhasil dalam karir. Dibutuhkan strategi yang lebih dari sekedar pintar dan pandai menyelesaikan pekerjaan. Strategi tersebut adalah ‘menonjolkan’ kemampuan Anda. Coba Anda perhatikan, hanya orang-orang yang mampu menunjukkan dan menonjolkan kemampuannya lah yang bisa meraih sukses dalam karir dan memenangkan persaingan dalam mencari lowongan kerja atau lowongan pekerjaan di koran dan internet.

Bookmark and Share

Jurusan Perkuliahan tak menentukan Pekerjaan

ahukah anda bahwa di era globalisasi kali ini jurusan kuliah anda tidak menentukan pekerjaan anda. Bahkan jika anda kuliah di fak. pertanian tidak menutup kemungkinan anda untuk mencoba lowongan kerja di Bank, Hotel, Sekretaris, PNS dan lain sebagainya.
Kerja Lowongan Mengapa hal ini terjadi ? Ya hal ini terjadi dikarenakan saat kuliah kita tidak diberikan skill dan kemampuan kerja di bidang kita tapi lebih kebanyakan adalah menyeluruh. Memang seumpama pertanian fakultasnya, pertanian-lah yang dipelajari. Tapi nanti dulu, dalam bidang pertanian dipelajari juga ilmu menghitung dan lain-lain. Jadi fakultas perikanan, pertanian dan lain-lain itu ga harus kerja dibidang itu. Untuk saat ini diluar bidang itu pun bisa untuk kerja, asal anda punya skills yang dibutuhkan perusahaan itu, untuk masalah jurusan kuliah saya kira kok ga ada masalah. selama kita mau mencoba hal baru dibidang kerja apapun pasti ada kesempatan untuk sukses dalam berkarier, bahkan sukses dalam hidup pun kita akan raih bila kita mau mencoba hal-baru dan berani mencoba tantangan didalam hidup, jangan takut untuk salah yang terpenting percaya diri bila kita yakin. niat, mencoba, dan semangat itulah kunci sukses

Bookmark and Share

Sikap kita saat pertama masuk kerja

Setelah sekian lama kita cari bursa lowongan kerja dan bursa karir yang saya rasanya tidak mudah untuk mendapatkannya dan memenangkan lowongan kerja tersebut. Namun perjuangan anda tidak sampai disitu saja. Kerja Lowongan Mau anda seorang sekretaris, kerja di bidang pemasaran dan sebagainya tetap saja anda harus namanya adaptasi saat pertama kali masuk kerja. Bagaimana caranya adaptasi dengan rekan sekerja saat pertama kali bekerja ? ini dia tipsnya !!
1. Hari pertama kenalan dulu dengan semua teman sekantor.
2. Pahami apa yang akan anda kerjakan disana.
3. Jika ada yang tidak paham tanya atasan atau teman kerja yang lebih mengerti.
4. Selesaikan pekerjaan anda dengan baik agar atasan anda puas.
Itulah sedikit tips dari saya tentang bagaimana adaptasi dengan lingkungan kerja baru. Terima kasih atas perhatiannya.

Bookmark and Share



Tinggalkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan!

Sewaktu kuliah, menunda mengerjakan tugas dari dosen bisa dibilang adalah hal biasa. Dari mulai mengerjakan tugas semalam sebelumnya, menyontek tugas teman, menyuruh teman untuk membuatkan, sampai sama sekali tidak dikerjakan bila rasa malas telah menghampiri.
 
Kerja Lowongan Di dunia kerja, kondisi seperti ini pastinya tidak akan memperoleh toleransi. Setiap individu mempunyai tanggung jawab terhadap pekerjaannya. So, jangan harap kita dapat duduk santai kemudian melemparkan tanggung jawab kepada rekan kerja di kantor.
Agar kita dapat menyelesaikan tugas tepat waktu dengan deadline yang sudah ditentukan, mulailah dengan membuat skala prioritas serta batas waktu untuk kita sendiri. Bila di waktu proses penyelesaian tugas kita merasa jenuh atau belum berhasil menemukan ide yang cocok, tidak salah kok meninggalkan pekerjaan sebentar untuk mendapatkan inspirasi dengan melakukan aktivitas yang kita senangi, misalnya cuci mata di mal, mendengarkan radio, atau pergi ke bioskop.

Bookmark and Share

Menimbang Tawaran Kerja Baru

Bisa jadi saat ini Anda merasa cukup nyaman dan aman di perusahaan tempat Anda bekerja. Punya atasan yang baik, bahkan rekan kerja dan bawahan yang amat suportif. Tentu Anda tak berani menggadaikan semua itu demi apa yang belum tentu diraih di tempat baru, bukan?
Nah, berikut ada 5 tips untuk mengatasi dilema saat harus memilih untuk tetap bekerja di tempat lama atau menerima tawaran menggiurkan di depan mata.
Investigasi Itu Perlu
Investigasi tak saja perlu di dunia kepolisian, tapi juga perlu dalam urusan karier, lho! Bila direkrut oleh salah satu perusahaan, alangkah bijaknya sebelum menjalani proses perekrutan, Anda menyelidiki dan menggali secara aktif profil perusahaan itu.
Termasuk latar belakang dan sudah berapa lama perusahaan itu berdiri. Gali dan minta informasi sedetail mungkin, agar tak terjebak ke dalam jurang yang bisa membuat karier Anda makin jatuh.
Pentingnya mengetahui profil perusahaan juga berkaitan dengan kemapanan perusahaan itu. Bila perusahaan ternyata tidak mapan, sementara Anda tak tahu kondisinya, tentu akan membahayakan.
Jangan Malu Bertanya
Budaya malu bertanya masih melekat di kultur bangsa kita. Untuk urusan karier dan diri sendiri, kemungkinan akan lebih malu ketimbang bertanya di jalan, mungkin tepatnya, “tidak enak.”
Padahal, banyak bertanya amat diperlukan saat Anda menghadapi kasus dilema mendapat tawaran pekerjaan baru. Maka, bertanyalah sebanyak mungkin yang berkaitan dengan kebutuhan pengembangan karier selanjutnya di perusahaan baru.
Tak hanya bertanya soal fasilitas atau tunjangan apa yang akan didapat, tapi juga soal peluang apa yang sudah dipersiapkan untuk Anda.
Termasuk, apakah Anda akan mendapatkan sejumlah pelatihan atau disekolahkan lagi untuk menambah keterampilan dan kemampuan Anda dalam menunjang pengembangan karier.
Diskusi dengan Keluarga
Pindah pekerjaan memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Begitu banyak yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan. Tak hanya fasilitas atau gaji berlipat saja, tapi juga lingkungan kerja yang mendukung, termasuk orang-orang di sekeliling dan keluarga.
Pikirkan juga jarak dan waktu yang harus ditempuh dari tempat tinggal Anda menuju kantor baru nantinya, apakah setimpal dengan apa yang akan didapatkan.
Diskusikan bersama keluarga atau sahabat yang sangat mengerti Anda. Tapi ingat, keputusan tetap di tangan Anda. Mereka hanyalah teman berdiskusi dan bertukar pendapat.
Kenali Calon Atasan Baru
Kenali lebih jauh calon atasan Anda! Jangan sampai menyesal setelah memilih bergabung di perusahaan baru, tapi ternyata tak sesuai harapan.
Gaji besar jadi tak berarti lagi bila bekerja sama dengan bad boss. Jadikan proses perekrutan yang mempertemukan Anda dengan orang yang akan menjadi atasan, kesempatan untuk mengenalnya lebih jauh.
Jangan hanya berfokus pada penampilan di hadapannya, tapi perhatikan juga secara teliti, tipe calon atasan baru Anda. Apakah ia tipe orang yang berselera humor baik dan ramah, atau kaku, workaholic, atau sulit dipercaya?
Jangan segan bertanya soal perusahaan itu dari sudut pandangnya sebagai atasan. Ciptakan pembicaraan dan diskusi dua arah agar sama-sama puas.
Jaga Hubungan Baik
Apapun keputusan Anda kelak, perlu diingat, untuk tetap menjaga hubungan baik dengan kedua belah pihak, baik perusahaan lama maupun perusahaan baru.
Ucapkan terima kasih untuk kesempatan berharga yang telah diberikan kepada Anda dan waktu yang telah diluangkan atasan selama bekerja di perusahaan lama.
Kepada atasan baru, jangan lupa bertukar kartu nama untuk melengkapi proses pendekatan Anda selanjutnya. Nah, selamat menjalankan yang terbaik dalam kehidupan karier Anda!

Temukan semuanya di Kerja Lowongan, Loker 
Bookmark and Share