Info Lowongan KerjaTersedia 8000 Info Lowongan, Masa Depan Ada di Tangan Anda

Kamis, 23 Desember 2010

Mengatur Pekerjaan dengan daftar tugas

Pada zaman multitasking ini, kita dibanjiri segunung tugas yang harus diingat untuk dikerjakan. Menggunakan Daftar Tugas menjadi perlu dan penting dalam kehidupan modern.
Sekarang, mayoritas orang memiliki beragam tugas yang harus ditangani. Banyak hal yang harus diingat dan dilakukan. Misalnya:
  • Di tempat kerja
Pekerjaan rutin setiap hari
Hal-hal nonrutin yang diminta oleh atasan, rekan sekerja, dan bawahan
Mengikuti seminar dan pelatihan
Proyek-proyek lain di kantor
  • Di rumah
Bahan-bahan makanan yang harus dibeli
Kebutuhan-kebutuhan anak: bertemu kepala sekolah, konser di sekolah, membeli buku sekolah, seragam sekolah
Jadwal membayar tagihan
Ulang tahun anggota keluarga/teman, pesta pernikahan, ucapan syukur, dll.
Program-program pengembangan diri.
Banyak dari kita juga menjadi anggota organisasi. Hal ini juga menuntut kita mengingat banyak hal untuk dikerjakan.

Rambu-rambu
Bagaimana cara mengingat semua tugas tanpa membuat kita kewalahan? Buatlah Daftar Tugas yang akan banyak membantu Anda! Berikut ini rambu-rambu ketika menggunakan daftar tugas.
  • Gunakanlah Daftar Tugas untuk dikerjakan.
Jangan mencoba mengingat semuanya, Anda pasti lupa sebagian. Di dunia yang mengedepankan saling ketergantungan ini, melupakan suatu tugas dapat menimbulkan bencana. Bahkan lupa bangun tidur tepat waktu dapat menimbulkan konsekuensi serius. Jangan terlalu membebani memori Anda, tuliskanlah semua hal yang harus Anda kerjakan dalam Daftar Tugas.
  • Tulis dan simak setiap hari
Tidak ada manfaatnya jika Anda hanya menulis Daftar Tugas. Anda harus membacanya berulang-ulang setiap hari sehingga terus diingatkan mengenai hal-hal yang harus Anda lakukan.
  • Buatlah sistematis
  • Anda mungkin memiliki beberapa Daftar Tugas: pekerjaan kantor, kegiatan di rumah, kebutuhan anak-anak, keperluan pribadi, pengembangan diri, daftar untuk menuliskan ide-ide yang terlintas, dsb. Apa pun daftar tugas Anda, buatlah sistematis dan tertata rapi.
  • Revisi Daftar Tugas Anda
Coretlah tugas-tugas yang telah diselesaikan. Batalkanlah tugas-tugas yang tidak relevan. Sekali seminggu pindahkanlah tugas-tugas yang belum dikerjakan ke lembaran baru. Kebiasaan sederhana ini akan membantu Anda untuk menata Daftar Tugas serta menata ulang pikiran Anda
  • Daftar Tugas dapat dibuat dengan dua cara:
Pertama, sisihkan waktu, pergilah ke suatu tempat yang tidak menganggu konsentrasi Anda. Mulailah menuliskan semua hal yang harus Anda lakukan. Anda akan melihat betapa cepatnya Daftar Tugas Anda bertambah panjang. Kedua, kapan saja ada hal yang harus dikerjakan, tuliskanlah dalam daftar Anda. Coretlah tugas-tugas yang telah Anda selesaikan.
  • Jadikan kebiasaan untuk Karir anda.
Seperti semua kebiasaan lainnya, membuat dan menggunakan Daftar Tugas perlu latihan. Setelah belajar menggunakan Daftar Tugas selama satu bulan, Anda akan menikmati kegunaannya dan menghargai manfaatnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar