Info Lowongan KerjaTersedia 8000 Info Lowongan, Masa Depan Ada di Tangan Anda

Senin, 13 Desember 2010

Maksimalkan Pencarian Peluang

Ketika sebuah peluang dibuka, bisa saja pencari kerja yang melayangkan lamaran mereka berjumlah puluhan, ratusan atau bahkan ribuan, tergantung dari bidang kerja yang tersedia, seberapa banyak orang yang tahu dan memanfaatkan peluang tersebut. Di sisi lain, bisa saja data yang masuk kepada perekrut hanya beberapa orang, karena tidak banyak yang tau, meskipun peluang tersebut favorit bagi kebanyakan pencari kerja.

Berikut ini beberapa teknik pencarian peluang yang bisa dipertimbangkan ketika anda menemukan situs penyedia informasi peluang kerja.


*Coba manfaatkan layanan one-stop shopping. Layanan one-stop shopping merupakan situs yang menyediakan berbagai hal sekaligus yang berkaitan dengan proses rekrutmen tenaga kerja, dimana peluang disampaikan di sana, dan resume anda didaftarkan pada situs mereka, sehingga anda bisa langsung mendaftarkan diri melalui layanan tersebut. Pada situs-situs favorit, bisa saja puluhan peluang kerja yang terbuka setiap harinya. Anda dapat memanfaatkan layanan ini.
*Gunakan fasilitas pencarian tingkat lanjut yang tersedia pada situs tersebut, misalnya berdasarkan daerah penempatan, bidang kerja, besar gaji, pengalaman kerja yang dibutuhkan, dll. Sesuaikan dengan keinginan dan kemampuan yang anda miliki.
*Temukan celah yang tepat dari peluang kerja yang ada, yaitu dengan memilih yang betul-betul sesuai dengan kategori yang anda miliki. Misalnya tingkat pendidikan (baru lulus, tamatan magister, freelance, dll), atau berusaha menemukan peluang yang mungkin saja tersembunyi dari informasi umum, atau bahkan tidak mudah ditemukan oleh banyak orang.
*Berfikir lokal, atau berdasarkan lokasi secara geografis. Dari sebuah survey yang dilakukan baru-baru ini, didapatkan informasi bahwa sekitar 28 persen dari pencari kerja di internet mau bekerja pada lokasi yang ditentukan oleh pembuka lowongan tersebut, sedangkan 48 persen tidak bersedia untuk pindah dari lokasi dimana dia tinggal.
*Hingga sekarang, masih banyak pencari pekerjaan memanfaatkan koran untuk mencari lowongan kerja. Peluang ini perlu dimanfaatkan, karena tidak semua lowongan dibuka melewati koran, tidak sedikit lowongan yang tersedia dan diumumkan melalui internet. Pemanfaatan kedua fasilitas tersebut serta yang lainnya akan mempertinggi kemungkinan anda menemukan pekerjaan yang sesuai dengan diri anda.
*Langsung menuju sumber. Beberapa para ahli menyarankan agar menuju ke situs perusahaan dalam menemukan peluang kerja, termasuk untuk mengenal perusahaan tersebut. hal ini akan memberikan dampak yang cukup bagus bagi anda, meskipun anda mendapatkan informasi tersebut melalui situs atau media lainnya, karena anda sedikit banyaknya bisa mempelajari perusahaan tersebut sebelum anda melayangkan lamaran kepada mereka. Ini juga yang dapat menjadi kekuatan bagi anda nantinya ketika anda dipanggil untuk diwawancarai. Perusahaan yang memiliki website tidak hanya perusahaan besar, sudah banyak perusahaan skala kecil dan menengah pun memiliki situs mereka sendiri.
*Hindari mengirimkan resume anda untuk tujuan umum. Jika anda melayangkankan resume anda ke beberapa perusahaan, dan jika memungkinkan, buatlah resume tersebut seakan-akan memang ditujukan khusus untuk mereka.
*Publikasikan resume anda pada situs pribadi anda. Tunjukkan bahwa anda adalah seorang yang profesional. Dengan demikian siapapun dapat mengakses resume dan situs anda tersebut kapan pun pada tujuh hari dalam seminggu. Tentu saja, untuk ini, anda perlu memiliki situs sendiri, jika belum merasa perlu untuk menyewanya, gunakan fasilitas gratis seperti yang disediakan oleh Geocities (http://www.geocities.com/) atau di Indonesia Interaktif (http://www.i2.co.id/).
*Sebagai salah satu pilihan lainnya, manfaatkan layanan distribusi resume yang tersedia di internet. Layanan ini biasanya disediakan oleh beberapa situs untuk mendistribusikan resume anda ke perusahaan yang membutuhkan sesuai dengan kriteria yang ada.
*Jangan buang waktu anda hanya untuk online mencari lowongan di internet. Lakukan berbagai hal yang berkaitan dengan promosi diri anda melalui berbagai jalan yang mungkin dilakukan, seperti melakukan kontak dengan orang-orang berkaitan dengan misi anda, membuat resume anda yang menarik dengan cara yang tepat, dan khususnya menjalin hubungan baik dengan jaringan anda. Dalam salah satu penelitian menyatakan bahwa proses pencarian lowongan di internet hanya membutuhkan waktu sedikit dibandingkan dengan membangun kekuatan dalam mempersiapkan diri pada saat pengajuan lamaran terhadap lowongan yang ada. Bahkan dinyatakan, waktu yang digunakan lebih banyak dimanfaatkan dalam membangun dan memanfaatkan jaringan yang anda bangun dan anda miliki. Pencarian lowongan di internet merupakan media yang cukup efektif, dan jangan lupa, bahwa melakukan kontak dengan jaringan anda merupakan langkah yang patut diperhitungkan.
*Dan jangan ragu-ragu, bahwa pencarian kerja dan lowongan melalui internet akan sangat membantu anda dalam mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan dan karir yang anda impikan, diikuti dengan langkah nyata dalam melakukan assessment terhadap karir, meneliti perusahaan perekrut, penentuan lokasi, negoisasi masalah gaji, serta jaringan perlu diperkuat dimatangkan juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar